Pages

Tuesday 8 March 2011

Tuhan, cin(t)a dan perbedaan

"Kenapa Allah nyiptain kita beda-beda, kalau Allah cuma pengen disembah dengan satu cara?"
“Makanya Allah nyiptain cinta, biar yang beda-beda bisa nyatu. Tapi tetep, yang bener cuma satu”

********************

Ini dialog Annisa dan Cina di film Cin(t)a. Film befilosofi tentang cinta berlandaskan perbedaan agama. Udah lama sebenernya gue pengen review nih film. Tapi baru sempet sekarang deh.

Gue sendiri ga punya pengalaman suka sama seseorang yang berbeda agama. Tapi, temen deket gue, dia sekarang pacaran dengan cowok non-Islam.
Temen gue, sebut aja Arda, kenal dengan cowoknya (Assey) sekitar 1,5 tahun yang lalu. Berawal dari situs jejaring sosial dan merasa bernasib sama (baru putus) mereka bercanda untuk menjalin hubungan. Sebenernya sih katanya cuma bercanda untuk sekedar asik-asikan, tapi karena sering berkomunikasi dan Arda merasa Assey orangnya asik dan menyenangkan, akhirnya Arda mulai jatuh cinta.

Gue cuma bisa angkat tangan dengan keputusan dia. Tapi suatu hari ada masalah yang menurut gue udah ga bener antara hubungan Arda dan Assey. Gue dan temen gue (Pipi) mencoba membujuk Arda biar putus dengan Assey. Tapi dia ngebantah, "gue masih cinta sama dia". Bantahan ini ngebuat gue berpikir, betapa dahsyatnya cinta bisa ngebuat seseorang sampe kaya gini. Emang susah kalo bicara soal cinta. Cinta itu udah menyangkut masalah hati dan perasaan. Ga mudah untuk tidak cinta atau mencintai orang. Dan inilah yang sedang saya alami.

********************

“kau cantik aku ganteng, kau yatim aku piatu, kau bego aku pinter”
“Lo Kristen gue Islam”
“Exactly! Ntar kita bisa di display tahun ini, jadi symbol kerukunan umat beragama. Kau kan belom pernah main beda agama, atau kau pindah Kristen aja Nis”
“Yakin lo masih mau sama gue? Tuhan gue aja berani gue khianatin, apalagi elo ntar”

********************

Intinya sih, gue ga mau Arda sampe lepas kontrol dan suatu hari bilang, "gue mau nikah sama Assey" atau "gue mau pindah agama sama kaya Assey". Ah God, gue aja sebagai temennya udah mau pingsan kalo dia ngomong gitu, APALAGI ORANG TUANYA???

Untungnya Arda pernah bilang ke gue, "tenang aja, gue ga bakal nikah sama Assey kok. Dia orangnya gembel, ga punya masa depan. Mau jadi apa kalo gue nikah ama dia. MADESU!". Semoga aja yang Arda bilang bener, bukan hanya sekedar di mulut doang.

********************

In Your majesty, You create differences
In my arrogance, I question Your wisdom
In Your mistery, You create temptation
In my inferiority, You make me more than I am
So here I am… surrender me in the agony of Your love
Surrender me in the irony of Your law, lead me to the joy of love redivined, teach me how to love You more …

********************

"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal" (Al-Hujurat:13)

5 comments:

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

Assalamu 'alaikum.
Salam kenal.
Thanks ya buat postingannya, quote yg lagi kucari jadi ketemu, hehe..

Btw, blognya bagus..
Follow-follow-an yuk:
http://ahmadsbudiman.blogspot.com/

ayinaka said...

waalaikumsalam. makasih juga udah blogwalking :)

salam kenal.

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.