Pages

Saturday 5 March 2011

Guru itu mendidik, tidak sekedar mengajar

Kemaren pas lagi nunggu kuliah, gue, Tiwi dan Chacha ngobrol-ngobrol tentang waktu kecil. Jadi inget pas jaman kecil gue suka ngaji di mesjid.

Dari kecil, (mungkin umur 4 taun) gue udah dimasukin ke TPA di mesjid deket rumah. Boleh dibilang gue adalah anak yang cepet ngerti ama tulisan arab jadinya pas umur 5 taun, gue udah naik kelas. Dari kelas Iqro' ke kelas Al-quran. Temen-temen gue yang Al-quran rata-rata udah pada SD dan gue jadi yang terkecil di antara mereka.

Gue suka ngaji dan gue suka ngapalin Juz Amma. Guru ngajinya juga baik-baik,intinya sih ngaji ngebuat gue jadi gaul. Hahahaha.
Setelah beberapa tahun kemudian, datanglah seorang guru ngaji. Entah berasal darimana dia tapi yang pasti dia agak ga asik. Terus, suatu hari dia nyuruh kita buat ngapalin Surat Al-Zalzalah. Dengan suka cita gue apalin itu surat. Gue inget banget waktu itu gue apalinnya di kamar nyokap sambil ngeliatin di luar jendela. Potensi yang ada di gue waktu dulu ya itu, apalan gue kuat.

Sore hari tiba, gue dites apalan ama guru ngaji baru. Temen gue yang di sebelah gue udah kelas 2 SMP dan gue baru kelas 4 SD. Bissmillah nananana... tapi pas gue liat raut mukanya guru ngaji itu ternyata kayanya dia agak janggal ngedenger apalan gue. Temen gue yang di sebelah juga nyenggol-nyenggol gue, ngasih tau kalo gue salah. Tapi, gue ga tau lagi harus gimana dan akhirnya gue gagal tes apalan. Si guru baru itu nyuruh gue buka telapak tangan dan dia ngeluarin rotan daaaaaaaan dipukulah tangan gue pake rotan.
Gue yang dapet perlakuan seperti itu, amat sangat shock sekali. Belum pernah selama ini gue ngaji diperlakukan seperti itu. Akhirnya ga tahan lagi, gue nangis ga berenti-berenti. Temen-temen gue langsung nyoba nenangin gue, ngajak gue ke kamar mandi buat wudu lagi, sampe-sampe ada yang ngasih uang biar gue berenti nangis. Tapi sayang, itu semua ga mempan, terus aja gue nangis sampe rumah.

Di rumah, gue ngadu ke ibu kalo gue diperlakukan seperti itu. Gue tau, ibu sebenernya ga suka juga dengan cara guru ngaji yang kaya gitu. Gue dengan serta merta bilang ke ibu kalo gue mau berenti ngaji. GUE SAKIT HATI BANGET.

Ya akhirnya berhentilah gue ngaji di TPA saat kelas 4 SD. Ga lama kemudian, terdengar kabar kalo guru ngaji baru itu udah diberhentikan. Entah apa alasannya, tapi dugaan gue pasti karena cara ngajar dia yang udah kelewat kuno buat dipraktekin di masa itu.

Gue juga sangat tidak setuju dengan metode ajar yang dengan kekerasan. Mukul kalo berbuat salah atau yang lainnya yang bersangkutan dengan masalah fisik. Mendidik itu harus bijak dan santun, bukan seperti itu. Semoga guru itu sekarang udah sadar dan ga ngelakuin kesalahan yang sama.

No comments: