Pages

Tuesday 1 July 2008

Mencontek atau menyontek?

Konflik deh, gara gara nyontek. Kemarin pas lagi ulum gue sempet ditegor ama guru gara gara gue dikira nyontek. (Tapi emang nyontek c xp) padahal temen gue hanya nanya aja jawaban yang dia temukan itu benar atau salah. Tapi malah gue yang kena apesnya. Untung sama tuh guru ga diapa-apain. Lumayan malu juga sama yang laen. (Karena gue nyonteknya ga profesional xp) terutama ama anak kelas 1 yang lumayan bandit juga.

Ada lagi cerita nyontek ini gue alami di tempat les gue, ILP. Yang namanya di tempat les pasti nyontek ga diperbolehkan (perasaan di semua tempat juga sama xp). Saat itu saya beserta em, teman -tapi dia udah tante2 yang masih ikut les english- mengikuti make up test. Diadakan di sebuar ruangan kecil berukuran 2x2 m. Terpasang sebuah ac di dalamnya. Kami pun mengerjakan soal kami dengan tenang. Dipertengahan jalan c tante memaksa untuk melihat jawaban saya. Tetapi sayang, karena diri ini begitu lemah menolak permintaan, maka saya kasih jawaban itu.

Setelah selesai, saya menghampiri c mister dengan membawa 2 kertas, kertas gue dan kertas c tante itu. Saat mata kami beradu, dia bertanya, "did you work together?" uwow, gue yang ditanya gitu jadi bingung. Mau jawab boong tapi gue munafik, mau jawab jujur tapi gue takut. Sepertinya malaikat lagi banyak mengelilingi gue, jadilah gue menjawab dengan jujur.

"well, i guess it" dia ngomong gitu. Ya udalah gue pulang dengan gontainya.


Keesokan harinya saat berada di kelas, si mister ngomong dengan enaknya di depan gue dan temen gue, "ayi, because you worked together with ms. xxx, i give you minus point." anjrit, langsung aja gue protes, "but ms. xxx cheated me." dia jawab, "i wasnt there. So i dont know what happened". Ngedenger itu gue jawab terpaksa, "okey".
Emang c gue salah tapi ga bisa gitu juga dong, kan gue ngerjain sendiri, malah c ms. xxx-nya yang nyontek 99% ke gue. Monyong emang.


Lalu pulangnya temen gue ngomong ke gue, "sabar ya yi. Emang, c ms. xxx selalu nyontek. Tadi aja gue dimintain contekan, tapi gue diemin aja." gue berfikir sejenak.

Temen gue ini namanya Fani. Ada keturunan tionghoa dan lumayan manis. (Fan, kalo lo baca jangan geer ya :p) sebenernya dia ga begitu pinter, tapi dia orangnya semangat dan satu yang ngebuat gue salut ama dia. Dia termasuk orang yang bersih dari menyontek. Dia selalu mengerjakan sendiri. Ya walaupun kadang-kadang dia suka ngaco jawabannya, tapi setidaknya dia begitu hebat dengan jawabannya sendiri. Fani juga pernah cerita kalo dia itu ulangan umum di sekolah ga pernah nyontek. Gila! Oh man! Gue mah mana tahan ga nyontek. Tapi bukan berarti gue tukang nyontek yang selalu setiap saat. Tapi sumpah, kalo di ilp gue selalu berusaha ngerjain sendiri.


Well, amanat dari postingan ini, cobalah mengerjakan sesuatu dengan tidak menyontek, tapi kalo kepepet mah bolehlah nyontek dikit. Haha.


Semoga menjadi inspirasi Anda.
Hehe xp

1 comment:

ăƒ„rosathemolester said...

Menyontek deh kayaknya !

Anyways,
should i? could i?
Hha.

gue sih emang gga bersih dari kegiatan contek-menyontek tapi gue berusaha mengerjakan sendiri sebisa gue,
kalo kepepet dan pengawasnya asoi gue manyunmanyun deh minta contekan. Hahahaha.