Pages

Tuesday 14 October 2008

Is studying hard for you?

Gue lagi waspada nih ama sekolah gue.


Huaa, studying is hard! Hell yeah!


Masuk SMA emang bener bener butuh perjuangan. Ini sih bagi yang ada kemauan belajar aja. Hehe.

Gue ngerasain banget belajar di smanli [sekolah gue] tuh persaingannya ketaaaaat buaaanget! Gimana di smansa ya? Haha, bisa bisa gue anak buangan. Wkwkwkwk.


Waktu pertengahan bulan puasa kemaren, sekolah gue ngadain Ujian Tengah Semester. Wekkk, ga mikir apa? Lagi puasa gitu loh, disuruh ngerjain soal yang bejibun! Ya udah aja anak anak mah mukanya pada pias.

Gue c masih berusaha belajar, tapi kadang kadang ngerti kadang kadang enggak.

Gue inget banget gue nyoba latihan soal soal integral. Kebetulan gue punya buku mate yang Seribu Pena, ya udah aja gue latihan banyak banyak. Gue bisa ngerjain soal semuanya! Mulai dari rumus, aplikasi tingkat rendah, aplikasi tingkat sedang, dan aplikasi tingkat tinggi.
2 hari penuh gue belajar dan latihan sungguh sungguh, dengan maksud dan tujuan tentu aja biar bisa ngerjain ujiannya nanti. Hari pertama ulangan mate dan agama.
Pas hari-H nya tiba, gue udah sedikit ketar ketir dengan soalnya, pas dibagiin soalnya, gue liat cuma 20 soal. Pilihan ganda semua lagi.

Ngerjain nomer 1 masih mesem mesem sendiri, terlihat mudah bagi gue. Nomer 2, 3, 4, 5, 6, juga masih ecek ecek. Saat menemui nomer 7 gue tertegun melihat soal itu. Begitu rumit dipandang mata. Begitu sulit dikerjakan. Gue lewati aja. Beranjak ke posisi 8 [haha. Kaya di mtv ampuh] gue menemukan gejala yang sama di nomer 7, begitu pula nomer 9, 10, 11, 12, 13.
Di nomer 14 sampe 20 bukanlah soal soal integral yang ada, tapi ternyata Pertidaksamaan Linear! Oooh tidak! Gue lupa belajar yang bab ini! Jadinya gue cuma ngeliatin kertasnya doang sambil nyoret nyoret sapa tau dapet ide.

Udah 40 menit gue nyoret nyoret tuh kertas, tapi paling nemuin jawaban dari temen sebelah. Haha. Ga lebih dari 10 yang udah gue isi.

5 menit kemudian, si pengawas ngasih pengumuman, "ya anak anak, waktunya tinggal 15 menit lagi ya. . "

Semua anak kelas pada ribut. Ada yang bilang,
"ih cuma 1 jam?"
"waa, gue masih kosong"
"eh eh liat dong"
"woi nomer 11 sampe 20 apaan?"
"huee, gue pusing"
"ah nembak aja ah"
"bu saya laper!" [bleguk ieu jelema. Wkwkwk]

Pada kacau deh. Ya udah deh, gue langsung tengok kanan kiri belakang. Depannya enggak, karena gue paling depan. Haha.

Akhirnya gue dapet jawabannya. LJK gue langsung terisi penuh 20 jawaban dalam waktu 5 menit saja! Waaa, gue ga bangga.

Akhirnya bel bunyi, waktu habis. Gue masih belum mau ngumpulin. Temen temen yang laen lagi pada ngumpulin ke depan di meja guru. Kesempatan gue untuk liat hape bentar nih, sapa tau ada jawaban masuk di hape. Pas liat nih hape, c guru yang ngawas tuh dengan sigapnya nangkep gue. Mukanya+reaksinya yang berlebihan itu loh yang bikin gue bete buaanget. Bikin gue kaget setengah mati gara gara dia tiba tiba muncul depan muka gue sambil ngomong, "naaaah, hayo ketauan. . Liat hape."
Sumpah, gue kaget mampus. Kagetnya c bukan karena kaget gue ketauan liat hape, tapi kagetnya karena dia tuh ekspresinya kaya monster nemu mangsa, tau ga? Bikin deg degan.

Akhirnya gue ngeles kalo gue cuma liat jam aja, tapi tu guru ga percaya c. Ngomel ngomel ga jelas sampe bawa bawa Tuhan segala. Ah, eta ta yang bikin bete.

Untung aja ga diperkarain. Emang sih salah gue juga. Salah timing! Wkwkwk.

Ya pokoknya, bodoh tuh ah. Bikin gue malu aja. Dan anehnya, setiap tuh guru ngawas di kelas gue, gue selalu ketauan pas lagi nyontek. Kampreto!
Mungkin emang seharusnya gue ga boleh nyontek kali yee, yang laen juga. Haha.


Tanggal 25 Septembernya rapot bayangan dibagiin. Tapi gue ga ngambil, cos udah cabut mudik. Hehe.

Ada temen gue, yang duduknya belakang gue, jawaban gue sama dia ga beda jauh. Hampir samalah. Paling 1-2 nomer yang beda. Pas gue tanya berapa nilai dia, dia jawab, gocap. Wkwkwk. Berati nilai gue sekitar sekitar itu tuh.
Hehe.
Ko gue malah ketawa ya? Bukannya sedih.
Bodo ah, udah ga mikiran yang namanya sedih.

Gue langsung mikir, kalo nilai gue kaya gini mulu, mana mungkin keterima PMDK IPB? Ya kan?

Naah, mulai sekarang gue jadi semangat sekali untuk belajar. Walaupun kadang kadang buta pengetahuan. Bingung bingung sendiri.

Hehe. Gue juga lagi bikin program pendekatan ke temen temen gue yang pinter biar ga ngambil PMDK IPB. Haha, biar saingan gue ga berat berat amat. :p
Terlihat egois sih. Tapi emang mereka sebenernya juga ngambil PMDK IPB buat cadangan. Ya terus egoisan siapa dong? Hehe.


After all, emang kultur kita harus diubah deh.
Nyontek tuh jangan jadi tradisi kita. Tapi emang susah c.

But, mulai sekarang, insyaalloh, gue mau berusaha ngerjain semua soal tanpa nyontek.
Dan sebenernyakan nyontek itu adalah korupsi, so jangan mau dikatakan koruptor. Walau terlihat bukan koruptor.


Akhir kalimat: gue mau membudayakan Indonesia tanpa nyontek! Bismillah.

6 comments:

ăƒ„rosathemolester said...

jah . fuck edukasi !

arghhhhh !!

**holyfent said...

aisyyaaa
aku rindu
hapekku lagi ngga aktif nihh

ăƒ„rosathemolester said...

Bagus juga misi lo menghilangkan budaya mencontek ayiiku .
hha . tapi ah . sungguh sangatlah tida mungkin buat sekola gue!
Hehe .. Woi mana komen? ckakaka.

ayinaka said...

@^^pandabodohh x): wah, kenapa dengan hapemu? Jadi tak bisa berhubungan dung.

@nicompoopocha: kayanya di sekolah gua juga ga bisa diterapkan sistem itu. Haha.
Corruption is our culture. (Perhaps, no) xp

**holyfent said...

hwaa
tidak mungkin budaya mencontek dihilangkan begitu sajahhh

hehehe

ayinaka said...

@ayii si ulet jail: Kayanya tanpa hape pun bisa deh berhubungan. Haha