Pages

Friday 12 April 2013

Ghibli - One of Kind Anime which's Through the Mainstream in Japan


Jepang sangat terkenal dengan animenya. Sepertinya yah, produksi anime di Jepang selalu bermunculan setiap saat, tidak ada matinya. Anime Jepang pun sangat beragam pada genrenya, ada kategori anak-anak hingga dewasa. Setiap pengarang anime mempunyai sentuhan gambar yang berbeda-beda. Ada yang gambarnya sekedar sketsa, ada yang 2D yang aneh, hingga gambar 3D dengan kualitas ciamik layak juaranya.

Gue sendiri adalah penyuka anime dengan tingkat 2.3/5 hahaha. Ga semua anime gue suka, ga semua judul anime gue hafal. Kalo waktu kecil, standar tontonan gue itu Doraemon, Shinchan, Hamtaro, Bakabon, Conan, Chibi Maruko-chan. Sedangkan anime yang perang-perangan, fantasi, yang punya kekuatan super natural, ga bisa gue nikmati karena gue bukan penyuka genre itu. 


Beberapa tahun ini, akhirnya gue mengenal anime yang diproduksi oleh Studio Ghibli. Film yang pertama kali gue tonton adalah Ponyo dan gue amat sangat terkesima dengan anime maupun jalan cerita yang diangkat di film tersebut. Dulu gue berpikir gambarnya payah banget, tapi pas kesini-sini, mungkin emang disengaja gambar seperti itu. Mengingat banyak anime yang menyuguhkan gambar kelas atas, detail gambar sangat rapih, dan kini Studio Ghibli mendongkrak keluar dari jalur mainstream di Jepang. 

Ghibli sendiri diambil dari bahasa Arab yang mempunyai arti "blow a new wind through the Japanese anime industry" (Wikipedia). Ternyata Ghibli ini udah lama loh, dari tahun 1985 yang mana gue aja belum lahir. Karya-karya Ghibi pun mendunia layaknya kartun buatan Disney. Namun sayangnya, nama Ghibli belum melegenda di telinga masyarakat Indonesia. IMO CMIIW. 


Dalang dibalik pembuatan karya Ghibli ini adalah Hayao Miyazaki dan Isao Takahata sebagai director nya dan Toshio Suzuki sebagai produsernya. Untuk setiap produksi filmnya, terkadang mereka berkolaborasi dengan beberapa screenwriters lainnya. Studi Ghibli tidak hanya memproduksi anime jenis film, tapi mereka pun membuat film anime dengan durasi 20-30 menit. Selain itu dulu Ghibli juga pernah mencoba di layar TV, namun sejauh ini yang sudah tampil baru satu, itu pun di tahun 1993 dan di tahun ini Ghibli akan mencoba kembali di ranah TV dengan 2 judul anime terbarunya. 

Jika kamu menonton film Ghibli, maka mata kamu akan dimanjakan dengan gambar-gambar fantasi luar biasa. Mengingat umur gue yang tidak muda lagi, saat melihat film tersebut seperti mengembalikan otak jernih gue waktu kecil. Penuh fantasi, penuh petualangan, sangat asyik di dunia sendiri, dan itulah yang membuat gue menyukai film Ghibli karena film-film itu seperti sebagai jembatan untuk mengembalikan masa kecil gue. Tidak hanya itu, banyak hikmah yang dapat diambil di film Ghibli. Dan apabila kamu menonton film Ghibli yang menyentuh hati, siap-siap sediakan tisu sekotak yah :P hihihi. 

Untuk kali ini cukup sekian dulu intronya, nanti akan gue lanjutkan dengan review film-film Ghibli yang sudah gue tonton. :)

No comments: