Pages

Tuesday 3 April 2012

Banga? Banga!

Baru saja saya selesai nonton film yang berjudul Banga? Banga! (Hangul: 방가?방가!; English: He's on Duty) Apa yang membuat spesial dari film keluaran 2010 ini? Well, film ini merupakan film Korea yang paling banyak menggunakan bahasa asingnya. Mulai dari Uzbekiztan, Vietnam, India, daaaaan Indonesia (yeyeyeye!) Hahaha, maaf saya agak norak ketika tau ada orang Indonesia yang main dalam film tersebut.


Banga? Banga!



Ceritanya simpel dan sederhana, tentang seorang pria Korea berumur 30an yang terpaksa membuat identitas palsu sebagai orang asing - bernama Banga dan berasal dari Bhutan - untuk mendapatkan pekerjaan. Banga sendiri dalam bahasa Korea, bangawoyo artinya 'nice to meet you' atau 'hello'. Drama dan komedi banyak ditawarkan di film ini. Dan bagi kamu-kamu yang demen banget belajar bahasa Korea, kamu bisa belajar banyak di sini walaupun didominasi bahasa slang Koreanya :P

Banga? Banga! ga sekedar film kocak yang bikin sakit perut, tapi ada juga bagian yang soooo touching. Salah satunya ketika mereka ikutan lomba kontes nyanyi yang diikuti para foreigner lainnya. Saat itu Ali (Indian) mendapat kabar kalo Camilla (pacarnya yang tinggal di India) mutusin hubungan gitu aja. Kala itu mereka udah di atas panggung dan tinggal nyanyi, tapi Ali sebagai vocal-leader lagi bersedih hati dan meneteskan air mata. Kontan aja, temen2nya panik. The show must go on, pikir Banga. Akhirnya Banga menyanyikan lagu India yang sering Ali nyanyiin ketika dia rindu kekasihnya. Nazaruddin (Indonesian), Michael (Uzbekistan), Rose (Vietnamese) dan Charlie (Nepal) ikut-ikutan nyanyi buat ngehibur Ali. Para penonton pun terkesima dan terpukau saat mereka bernyanyi. Jujur, they sang perfectly dan arti kata-katanya itu lhooo, dalem banget. Dramanya kaya film India bangeeeet deh. HAHAHA. 

Seperti hidup tanpa internet, pasti sooo flat, begitu juga dengan film tanpa love-story. Tentunya, mereka menghadirkan kisah cinta, yaitu antara si main actor, Banga dengan rekan kerjanya si Rose! Pelik sekali saat Banga ingin mengutarakan ke Rose kalo dia itu adalah Korean. Begitu juga Rose mendambakan Korean man yang bisa dinikahi biar Rose ga dideportasi ke Vietnam. Kalo penasaran gimana filmnya, mending langsung nonton aja deh ya guys :D

Kekurangan di film ini adalah kadang agak ngebuat bosen para penonton di awal-awal filmnya, but at all, semuanya bagus kooo. :) Dan salah satu quote favorit saya yaitu saat Banga lagi cekcok ama temennya, dia mengatakan apa yang kata ibunya katakan:

Kalau kamu ga bisa ngasih apa-apa ke orang miskin, jangan sekali-kali kamu berani mencurinya. 

Happy watching movie mania ;)

No comments: