Pages

Sunday 10 April 2011

Kredibilitas saya sebagai mahasiswa

Awal semester: masuk awal kuliah, cemas, dagdigdug
Mid semester: ujian, dagdigdug, belajar
Akhir semester: ujian, dagdigdug, muncullah si IP.

Gitu terus siklus hidup gue selama 1,5 tahun terakhir. Tapi setiap kali ujian, selalu saja ada rasa takut dan was-was, persis saat saya waktu kelas 1 SD. Takut ga bisa, takut nilai jelek, takut ga lulus, dan takut-takut lainnya. Sebenernya, pas dijalanin, gue bisa ko. Bisa ngerjain soalnya, nilainya ga jelek dan alhamdulillah, selalu lulus.

Setiap gue UTS dan UAS, gue selalu berusaha maksimal di kondisi gue saat itu. Gue belajar, gue coba pahamin materi, gue coba baca buku (yang seharusnya dibaca saat kuliah). Setelah semuanya terasa cukup, gue siap menghadapi ujian. Pascaujian, gue ngeliat hasilnya cukup menggembirakan. Contohnya kaya kalkulus, UAS gue sungguh di luar perkiraan. Temen-temen gue nilainya pada jatoh, tapi gue jadi pencilan minoritas. Ya itu mungkin imbalan atas semuanya. Gue seneng, tapi, sekarang, gue merasa bodoh banget. Ilmu semua yang gue dapet semester lalu, entah itu semester 1, 2, 3, kayanya udah pada lepas dari otak gue. Ga ada sisanya di otak gue.

Inikah yang namanya mahasiswa?
Setelah ujian, ilmu dilupakan?
Ini WAJAR ga sih?

Gue pernah tau ada pernyataan:
Melupakanmu, tak semudah melupakan materi kuliah.

Gue ga pengen seperti ini. Gue pengen jadi mahasiswa dengan makna secara etimologi yang sebenarnya. And everything should get a process.

4 comments:

Nufri L Sang Nila said...

hmmmm...saya rasa banyak yang merasakan hal yang sama seperti kamu...tapi langkah kamu sudah bener nih....orangtua senang pastinya....kamu senang pastinya...kalau sekarang gak senang dan merasa bodoh....belum...nanti kamu pasti senang...percaya deh...

nice share...keren postingannya...pemikiran yang dalam...

salam :)

endah said...

kuncinya adalah paham. kata dosen gue tingkatan tertinggi dari mencari ilmu itu bukan dari pencapaian nilai yang tinggi. tapi kita paham ilmu yg diajarkan dapat mengolahnya di otak dan dapat mengimplementasikan di kehidupan sehari-hari. contoh sederhana belajar kalkulus itu. bukan cuma apal rumus dan bisa jawab soal dengan benar. tapi kalo ada yang nanya gimana caranya ngukur luas tanah yang bentuknya amburadul lo tau pake cara apa. caranya pake integral dsb.

nice share.

ayinaka said...

Nufri: mungkin ini semua masih menjadi awal agar saya bisa lebih ngerti di masa depan. Makasih juga udah blogwalking :D. Salam :)

Endah: Sebenernya gue pengen banget nerapin apa kata2 dosen lo Ndah. Paham. Tapi semua teh asa susah banget. Gue berasa oon pas ditanya materi kuliah sebelumnya. Teori Bayes, hukum Newton, teori Marshlow. Kayanya gue ga pernah denger kata2 itu, tapi gue udah belajar semester kemaren. Percuma banget gue kuliah, ujian, tapi kaya gini :(

endah said...

gue juga belum bisa sepenuhnya yi.
teori aja carut marut.

tapi dosen gue pernah ngasih tau sih cari ampuh. jadi belajarnya itu dari aplikasi dimasyarakat trus dihubungin sama teori yg dipelajari (tp susah bgt). kata dosen gue:
"contohnya sabun. kalian cari tau tuh gugus kimia sabun gimana? trus kerja sabun gimana? mekanisme reaksinya gmn?"

tapi gue ttp aja blm bisa 100% yi. apalagi untuk pelajaran berbasis fisika. ga ngarep banyak gue selain lulus.ahahaha